Pengantar Belajar Bahasa Lampung Percakapan Sehari-hari

loading...
Disini saya akan mencoba untuk memberikan pelajaran tentang "Percakapan Bahasa Lampung Sehari-hari". Bisa juga dapat dikatakan seperti kita belajar Bahasa Inggris "Daily English Conversation". Ini coba saya lakukan untuk membantu rekan-rekan atau adik-adik yang ingin belajar Bahasa Lampung.


Pengantar Belajar Bahasa Lampung Percakapan Sehari-hari
Aksara Lampung
Namun yang pasti disini saya tidak bisa memberikan keterangan teori seperti para ahli bahasa, karena keawaman saya tentang itu. Tetapi ini hanya sarana untuk memudahkan mereka yang ingin mempelajari Bahasa Lampung baik untuk tujuan komunikasi maupun untuk tujuan pembelajaran disekolah.

Tentunya, untuk mempelajarinya tidak serta merta hanya dalam satu halaman ini saja, tetapi bisa beberapa edisi di dalam blog ini. Karena tentunya setiap percakapan membutuhkan ruang yang luas untuk kita pahami.

Mengikutinya pun gratis untuk siapapun. Dengan mengakses blog ini kita bisa bertukar pikiran dan berbagi, oh iya, disini saya memberikannya dalam Bahasa Lampung dialek O, mengapa? karena itu yang saya pahami. Jika saya memberikan dialek A, nanti salah, karena saya tidak menguasainya. Jadi harap dimaklumi, tetapi tidak memungkinkan juga suatu saat saya akan memberikan perbandingan atau menyampaikan untuk keduanya. 

Baiklah, untuk edisi kali ini saya akan memulai untuk percakapan mendasar seperti apa yang kita lakukan sehari-hari.

Sebelumnya alangkah baiknya kita mengenal kata-kata berikut:

Bahasa Indonesia: Saya
Bahasa Lampung: Ikam (saya, bicara kepada orang yang usianya lebih tua), Nyak (saya, bicara kepada orang yang usianya lebih muda)
Contoh: Ikam/nyak agow dak nei = saya mau kesana

Bahasa Indonesia: Kamu
Bahasa Lampung: Sekam/puskam (kamu, bicara kepada orang yang usianya lebih tua), Nikew (kamu, bicara kepada orang yang usianya lebih muda)
Contoh: Sekam/Nikew agow dak nei? = kamu mau kesana?

Bahasa Indonesia: Kita
Bahasa Lampung: Gham
Contoh: Gham agow dak nei? = kita mau kesana?

Bahasa Indonesia: Kami
Bahasa Lampung: Sikam
Contoh: Sikam sijo agow dak nei = kami ini mau kesana

Bahasa Indonesia: Mereka
Bahasa Lampung: Tiyan
Contoh: Tiyan agow dak nei = mereka mau kesana

Bahasa Indonesia: Kalian
Bahasa Lampung: Mettei/Mettey
Contoh: Mettey agow dak nei? = kalian mau kesana?

Bahasa Indonesia: Dia
Bahasa Lampung: Iyo/Iyyo/Yo
Sama seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Lampung juga tidak mengenal Dia untuk lelaki maupun perempuan seperti dalam Bahasa Inggris.
Contoh: Iyo agow dak nei = dia mau kesana

dak = ke
dak nei = kesana
dak kedow = kemana
dak jo = kesini
di = di
dinnei = disana
dikedow = dimana
dijjo = disini

inei = itu
ijo = ini

Tidak ada komentar